| 0 comments ]
Beberapa hari ini saya gelagapan gak jelas ke sana kemari kayak orang linglung! Itu semua karena saya menerima sebuah email yang saya curigai sebagai email phising/pancingan. Gregetan gak karuan saya jadinya, maklum baru kali ini saya menerima email phising. Seharian penuh cari-cari info di mbah Google dan Alhamdulilah akhirnya ketemu juga. Fuih.., untung belum saya apa-apain tuh email, jadi data-data saya aman..! Nah, karena itu kali ini saya akan beri kamu info buat mengatasi yang namanya phising itu!

Hmm..Sebelum mengulas lebih jauh tentang phising, kamu harus tahu dulu apa itu Phising! Oke, langsung aja. Phising diambil dari kata fishing atau memancing (bukan memancing ikan lho!!!huehehehe) yang berarti pelaku mencoba mengambil data-data penting kamu seperti nama depan, nama belakang, alamat, informasi keanggotaan (username dan password), nomor rekening bank, atau nomor kartu kredit. Wuih..,serem!!!

Secara teknis bentuk phising ada bermacam-macam, tapi yang sering digunakan oleh pelaku biasanya berbentuk website atau email. Phising berbentuk website adalah membuat website palsu(biasanya berbentuk website keangotaan), sehingga tampilan website palsu dengan yang asli hampir sama persis. Karena itu kamu kudu teliti betul sebelum masuk ke sebuah website. Apalagi trik phising website ini sangatlah gampang menurut saya.

Yang kedua, phising berbentuk email adalah pelaku mengirimkan sebuah email yang seolah-olah email itu datang dari website resmi. Email phising biasanya berisi permintaan konfirmasi username dan password dengan perintah mengklik link/tautan yang disediakan pada isi email tersebut. Ada juga email phising yang berisi perintah mengklik link/tautan terkait untuk memverifikasi sebuah akun baik itu akun jejaring soisal sampai akun bank virtual.

Nah, berikut ini adalah beberapa tips mengatasi phising

1. Jika ingin masuk ke sebuah website, pastikan alamat urlnya benar. Contoh: www.facebook.com atau www.yahoo.com.

2. Menginstal software pengaman dan selalu update antivirus pada komputer kamu.

3. Cermatilah setiap kata yang ada pada email yang kamu terima. Pastikan tidak ada kata-kata yang kaku, kesalahan pada ejaan, dan tata bahasa yang buruk.

4. Selalu upgrade browser kamu. Hal ini lah yang menyelamatkan saya dari phising.

5. Waspada pada email yang tidak diminta. Contoh: kamu memerima email dari situs A, padahal kamu gak join/gabung dengan situs A.

6. Masukkan data atau informasi penting pada website resmi.

7. Waspadai email yang masuk tanpa menyertakan nama anda. Karena email phising biasanya tidak menyertakan/menyebutkan nama kita.
Contoh email asli: "dear nama kamu"
Contoh email phising: "dear user" atau "dear alamat email kamu.


Nah, udah tau kan phising itu apa dan tindakan apa yang perlu dilakukan jika terkena phising? Saya harap teman-teman gak sampai terkena yang namanya "nishing"  ups, phising maksud saya...!huehehehehehe...! Oke deh, semoga bermanfaat...

0 comments

Post a Comment